Download Shp TORA (Tanah Objek Reformasi Agraria)


download shp tora

Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) didefinisikan sebagai tanah yang dikuasai oleh negara dan/atau tanah yang telah dimiliki oleh masyarakat untuk diredistribusi atau dilegalisasi (Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria).

[baca juga : download shp batas desa tahun 2020]

Tanah Negara adalah tanah yang tidak dipunyai dengan sesuatu hak atas tanah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 16 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria, dan/atau tidak merupakan tanah ulayat Masyarakat Hukum Adat, tanah wakaf, barang milik negara/daerah/desa atau badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah, dan tanah yang telah ada penguasaan dan belum dilekati dengan sesuatu hak atas tanah. Tanah-tanah tersebut akan diredistribusi atau dilegalisasi melalui Reforma Agraria.

download shp tora attribute

TORA bersumber dari kawasan hutan negara maupun hutan hak, bahkan hutan adat. Tanah yang bersumber dari kawasan hutan negara disajikan dalam peta indikatif dengan skala peta 1:250.000, alokasi kawasan hutan untuk penyediaan sumber TORA sesuai Surat Keputusan (SK) Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Penyediaan TORA yang bersumber dari kawasan hutan seluas 4,1 juta hektar berasal dari :

  1. Alokasi 20% untuk kebun masyarakat dari pelepasan kawasan hutan untuk perkebunan
  2. Hutan produksi yang dapat di konversi (HPK) tidak produktif
  3. Program pemerintah untuk pencadangan pencetakan sawah baru
  4. Permukiman transmigrasi beserta fasilitas sosial dan fasilitas umum yang sudah memperoleh persetujuan prinsip
  5. Permukiman, fasilitas sosial, dan fasilitas umum
  6. Lahan garapan berupa sawah dan tambak rakyat
  7. Pertanian lahan kering yang menjadi sumber mata pencaharian utama masyarakat setempat

Peta Indikatif TORA direvisi setiap 6 bulan sekali berdasarkan data dan informasi penutupan lahan terkini, hasil inventarisasi dan verifikasi lapangan, serta masukan dari para pihak terkait.
Hingga saat ini, telah dilakukan revisi ke V terhadap Peta Indikatif TORA yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SK. 5050/ MENLHK-PKTL/KUH/PLA.2/9/2020.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.