Tutorial Google Earth Engine Dasar – Masking

Home » Blog » Tutorial Google Earth Engine Dasar – Masking

Pada tulisan kali ini saya akan membahas tutorial basic Google Earth Engine yaitu mengenai masking. Tujuan dari tutorial ini adalah untuk mendapatkan area pada suatu citra yang diidentifikasi sebagai area perairan dari hasil perhitungan NDVI. Beberapa terminologi yang harus kita pahami terlebih dahulu adalah sebagai berikut:

[Baca juga : Membuat Landcover dengan Google Earth Engine]
[Baca juga: Sumber data Geoportal]

  • Thresholding: dalam GEE thresholding merupakan suatu process konversi sebuah image dari nilai kontinyu menjadi image dengan rentang nilai binary, dimana tiap-tiap pixel akan ditentukan menjadi nilai 0 atau 1. Ini dapat dilakukan dengan membandingkan tiap-tiap nilai pixel ke suatu nilai threshold dan menggunakan logical operators untuk membantu kita untuk mempartisi sebuah image kedalam kategori nilai.
  • Logical operators: dalam GEE ini digunakan untuk mengkombinasikan beberapa boolean expressions atau nilai dan mengembalikan sebuah output nilai boolean. Operator ini dapat digunakan untuk mask image, membuat klasifikasi peta, dan melakukan operasi kondisional lainnnya.
  • Masking: dalam GEE masking merupakan suatu process identifikasi dan membuang pixel dari sebuah image yang bukan merupakan objek fokus kita. Ini biasanya dilakukan dengan beberapa alasan, seperti untuk menghilangkan awan, bayangan awan, air, ataupun objek yang tidak dikehendaki.

Seperti kita ketahui bahwa nilai NDVI memiliki rentang dari -1 hingga 1, dimana umumnya nilai NDVI dibawah 0 merupakan daerah perairan dan nilai diatas 0.5 merupakan vegetasi. Nilai diantara 0 dan 0.5 biasanya merupakan daerah perkotaan/urban atau bisa jadi juga merupakan daerah dengan vegetasi dengan kerapatan rendah.

NDV
Nilai NDVI < 0 merupakan perairan (merah), NDVI > 0.5 daerah memiliki vegetasi (hijau), dan daerah dengan warna putih merupakan daerah urban.

Mengetahui kecenderungan nilai NDVI tersebut, kita dapat memanfaatkannya hanya untuk mengekstrak nilai perairan dengan cara melakukan threshold, lalu kemudian kita akan lakukan masking. Seperti gambar dibawah ini, kita telah mengelompokan nilai pixel < 0 yang merupakan daerah perairan dan nilai pixel > 0 sebagai daerah bukan perairan.

Daerah yang berwarna biru merupakan hasil threshold dengan nilai pixel NDVI < 0 (daerah perairan) dan daerah putih merupakan nilai pixel NDVI > 0 (daerah non perairan)

Setelah melakukan threshold, kita telah mengelompokan pixel-pixel kontinyu tadi kedalam 2 group, yaitu daerah perairan dan non perairan. Kemudian, yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah melakukan masking atau membuang nilai pixel yang kita telah identifikasi sebagai area bukan perairan seperti pada gambar berikut.

Hasil dari masking dengan membuang daerah yang memiliki pixel non perairan


Script lengkap sebagai berikut:

https://code.earthengine.google.com/98c1a71f1814ef7e8659a1773d14e1c6

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.