//Membuat Sistem Koordinat TM-3º di QGIS

Membuat Sistem Koordinat TM-3º di QGIS

Hallo pembaca Geosai,

Rasanya sedikit terlambat untuk tulisan kali ini, karena beberapa waktu yang lalu server situs ini mengalamai masalah dan down selama beberapa hari. Jadi saya fokus memperbaiki server dulu dan sekarang situs ini sudah live kembali.

Oke cukup intermezzonya, mari kita lanjutkan.

Tulisan kali ini mengenai pembuatan sistem koordinat TM-3º di QGIS dengan contoh zone 49.2. Sebelumnya, saya juga telah menulis mengenai Membuat Sistem Koordinat TM-3º di AutoCAD Map 2012. Untuk teori dan parameter sistem koordinat TM-3º, silahkan bisa cek tulisan tersebut karena saya tidak akan membahas lagi hal tersebut.

Untuk tutorial ini perangkat lunak yang digunakan adalah QGIS 3.10.3-A Coruña yang bisa diunduh secara gratis di situs resmi QGIS.

Oke kita langsung saja ya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Buka QGIS, kemudian buat new profile pada settingsUser Profiles → New Profile, beri nama untuk profile.
  1. Profile baru yang saya buat bernama danang.
  1. Setelah itu klik Settings Custom Projections.
  1. Jendela custom coordinate reference sistem definition akan terbuka. Untuk membuat sistem koordinat TM-3º zona 49.2, format yang digunakan ada 2 yaitu WKT atau proj. kita dapat mengunjungi situs epsg.io untuk mendapatkan sistem koordinat tersebut dalam format WKT.
  1. Kunjungi situs epsg.io lalu cari DGN95 / Indonesia TM-3º zone 49.2.
  1. Scroll halaman tersebut ke bawah hingga menemukan nilai parameter untuk sistem koordinat TM-3º zone 49.2 dan copy.
  1. Masuk ke menu SettingsCustom Coordinates Reference Sistem dan paste parameter sistem koordinat tersebut pada bagian parameters, validate lalu ok. Jika berhasil maka akan muncul jendela pemberitahuan seperti gambar berikut.
  1. Untuk menggunakan sistem koordinat yang baru saja kita buat, klik area pada pojok kanan bawah pada jendela QGIS, lalu jendela project properties akan terbuka. Pada bagian coordinate reference sistem pilih user defined coordinate sistems lalu pilih DGN95/Indonesia TM-3º zone 49.2 lalu ok.
  1. Di sini saya mencoba load data persil bidang tanah dalam sistem koordinat TM-3º zone 49.2 lalu menambahkan basemap yang memiliki sistem koordinat yang berbeda. Jika berhasil ter-overlay dengan sempurna itu berarti sistem koordinat yang kita buat sudah benar.