//Cara Mengunduh Data Geospasial di Tanah Air Indonesia

Cara Mengunduh Data Geospasial di Tanah Air Indonesia

Hay sobat geo, ketemu lagi neh! Sehat trus ya J

Nah, kali ini saya akan menemani sobat geo dengan menjelaskan pengolahan/cara mengunduh Data Geospasial di situs BIG.

Seperti yang diterangkan sebelumnya, Data Geospasial adalah data tentang lokasi geografis, dimensi atau ukuran, dan/atau karakteristik objek alam dan/atau buatan manusia yang berada di bawah, pada, atau di atas permukaan bumi (UU Nomor 4 Tahun 2011 Tentang Informasi Geospasial).

Kemudian untuk pengolahannya sendiri, Sumber Data Geospasial dapat berupa peta cetak (analog) ataupun dijital. Data Geospasial yang berbentuk dijital dapat memiliki format .kml, .geojson, ataupun .shp dan untuk menampilkan Data Geospasial tersebut, salah satunya adalah dengan menggunakan perangkat lunak Sistem Informasi Geografis (SIG).

SIG adalah suatu sistem informasi berbasis data spasial yang menggambarkan kenampakan suatu objek di permukaan bumi. SIG dapat digunakan untuk melakukan pengelolaan data lingkungan dalam bidang geografis, termasuk juga perencanaan wilayah.

Berikut merupakan cara mengunduh Data Geospasial dari situs resmi BIG, dan situsnya dapat diakses melalui tanahair.indonesia.go.id atau dapat  mengunjungi  situs di portal.ina-sdi.or.id.

Disini saya menggunakan situs tanah air indonesia

  • Lakukan registrasi terlebih dahulu untuk dapat mengunduh datanya.
  • Setelah registrasi selesai, kita bisa langsung memilih data mana yang diinginkan, dan disini saya ingin mengambil data peta perwilayah, karena kebutuhan saya adalah data wilayah dalam format .shp. Caranya, arahkan kursor ke download kemudian klik peta perwilayah.
  • Kemudian klik close.
  • Selanjutnya cari daerah yang diinginkan, disini saya mencari Kota Malang.
  • Setelah itu klik kanan daerah nya, pilih skala 25k, kemudian klik ikon download, save file -> OK
  • Data yang terunduh berupa data dengan format file rar, kemudian extract file.
  • Untuk melihat data geospasial tersebut, kita bisa menggunakan aplikasi SIG, yakni ArcGis. Dimana, data shp hasil pengunduhan kita unggah di ArcGis dan hasilnya seperti berikut.
  • Data-data perwilayah berupa data jalan, batas administrasi, pemukiman, bendungan dan lain-lain dalam format .shp. Untuk itu gunakan data tersebut sesuai kebutuhan.

Nah, gimana neh sobat geo sudah bisa kan mengundug Data  Geospasial melalui situs resmi BIG di tanah air Indonesia ? hihiii

Mudah dan aman kok,hanya saja jangan lupa buat sabar ya untuk mengunduh dan registrasi karna mereka berdua memerlukan jaringan yang bagus. Selagi kita rajin dan tidak mudah menyerah kita bisa kok!

Semangat terus ya, Salam belajar