//Keuntungan Menggunakan Global Mapper yang wajib diketahui
C:\Users\acer\Pictures\Screenshots\Screenshot (185).png

Keuntungan Menggunakan Global Mapper yang wajib diketahui

Hay sobat geo. Kali ini kita akan mempelajari tentang keuntungadari Global Mapper.

Seperti ArcGIS, Global Mapper adalah aplikasi GIS yang bagus. Global Mapper di produksi oleh BlueMarble dan cukup popular di Indonesia dan salah satu keunggulannya adalah Softaware pengolah data LiDAR terbaik.

Dengan ekstensi LiDAR module, proses olah data point cloud cepat dan mudah. Tools yang tersedia juga memudahkan sobat dalam klasifikasi, pemrosesan, dan penyajian data LiDAR. Tak hanya data LiDAR, data foto drone (UAV) juga dapat diolah dengan software ini hanya dengan sekali klik. Hebatnya lagi, Global Mapper telah terintegrasi dengan Mango Map, sehingga sobat dapat mem-publish dan sharing data spasial secara online di Mango Map.

Selain itu, Global Mapper digunakan juga untuk mengolah citra satelit maupun data peta seperti peta scan, digunakan untuk tampilan 3D view atau analisa data topografi yang bersifat Digital Elevation Model. Global Mapper mendukung kurang lebih 300 format data spasial, salah satunya format data seperti DEM, E00, CADRG/CIB, MrSID, DLG-O, SDTS DEM, DOQ, DTED, DWG, DXF, ECW, GeoTIFF, Tiger/Line , SDTS DLG, KML/KMZ, , DGN, ESRI Shapefiles, JPEG2000, DRG, Lidar LAS, Arc Grid dan masih banyak lagi.

Berikut tiga kegunaan utama Global Mapper, yaitu :

  • Generate kontur ke berbagai interval.
  • Generate watershed atau daerah aliran sungai secara otomatis.
  • Melihat data DEM dengan berbagai tampilan seperti atlas, hilshade, aspect, slope, dan lain-lain.

Keunggulan lainnya Global Mapper:

  • Secara rutin menghemat waktu yang dihabiskan untuk melakukan tugas berulang dengan menggunakan fungsi bahasa script yang built-in dan konversi batch secara menyeluruh.
  • Editor/viewernya sangat mudah digunakan dan telah mampu menampilkan berbagai data raster, DEM, data vektor dan GeoPDF.
  • Dapat Meng-konvert data hasil penginderaan jauh, mengedit data vektor, reproject citra satelit, mosaik citra satelit, print, track GPS.
  • Dapat mengakses secara online ke berbagai sumber data citra, peta topografi, DTM, dan banyak lagi.
  • Dapat melakukan perhitungan jarak dan luas dengan akurat, pembauran arsir dan penyesuaian kontras, melihat elevasi, dan perhitungan garis pandang untuk memaksimalkan presisi.
  • Mudah melacak setiap perangkat GPS yang kompatibel yang terhubung ke port serial komputer melalui data apa pun yang di-upload, menandai waypoint tanpa sambungan, serta merekam log pelacakan.
  • Dengan cepat menyimpan isi layar menjadi file BMP, JPG, PNG, atau GeoTIFF, yang dapat Anda rektifikasi secara intuitif dan disimpan dalam citra baru yang sepenuhnya dapat dijadikan georeferensi.
  • Dapat menetapkan interval kontur untuk setiap kombinasi data elevasi dengan fitur pembuat kontur tingkat lanjut.
  • Secara otomatis melakukan triangulasi dan grid kumpulan data titik 3 dimensi untuk mengkonversi contoh kumpulan elevasi menjadi kumpulan data yang sepenuhnya di-grid.

Sekian yang dapat kita pelajari kali ini, salam belajar semangat!

Daftar pustaka :

https://www.guntara.com/2014/05/pengenalan-aplikasi-sistem-informasi.html